Pandangan Medis tentang Kangker Kulit - Kanker kulit atau skin cancer dapat dilihat secara langsung karena letaknya di permukaan kulit. Meskipun demikian, keberadaan kanker kulit sering diabaikan, sehingga ketika didiagnosa sudah berada pada stadium lanjut dengan kerusakan setempat atau sudah dengan anak sebar. Penyebaran kanker kulit umumnya melalui kelenjar getah bening

Secara umum, kanker kulit dibagi atas dua golongan besar, yaitu melanoma malignan dan non- melanoma malignan. Non- melanoma malignan terdiri dari karsinoma sel basal dan karsinoma sel squamosa.

Pandangan Medis tentang Kangker Kulit

Jumlah kejadian kanker kulit golongan non- melanoma cenderung meningkat. Kira-kira 90% bagian yang terserang kanker kulit adalah di sekitar kepala dan wajah. Usaha untuk mengurangi kontaminasi akibat sinar ultra violet matahari dan bahan karsinogenik lainnya terhadap kulit akan menurunkan angka kejadian kanker kulit ini.

Karsinoma sel basal timbul dari lapisan sel basal kulit (dermis). Pertumbuhannya lambat, jarang bermetastase, timbul pada kulit yang sering terpapar sinar matahari seperti kulit wajah. Umumnya, karsinoma ini merupakan keganasan lokal, tetapi dapat menginvasi jaringan bawah kulit seperti fascia, otot dan tulang. Ada berbagai subtipe, tetapi jenis nodular ulseratif (ulcus rodens) yang paling sering ditemukan dan destruktif terhadap jaringan sekitarnya.

Karsinoma sel squamosa bisa tumbuh dimana saja, baik di kulit maupun selaput lendir dengan epitel squamosa. Ada dua tipe yaitu tipe ulseratif yang menimbulkan ulkus (tukak) dan tipe papiler yang menonjol di atas kulit seperti kembang kol. Tumbuhnya invasive dan bermetastase kelenjar limfe regional. Timbulnya kanker jenis ini dikaitkan dengan seringnya kulit terpapar sinar matahari, radang menahun pada kulit, kelainan pada kulit seperti keratosis solaris (pra kanker) dan adanya jaringan parut(keloid) pada kulit. Umumnya, kanker ini menyerang laki-laki maupun wanita yang berusia 40 – 60 tahun dengan lokasi tumbuhnya di ekstremitas (lengan dan tungkai), genitalia (alat kelamin), bibir bawah, hidung, telinga, pipi dan daerah mukokutan. Pandangan Medis tentang Kangker Kulit.

Melanoma malignan merupakan kanker kulit terganas dan penyebab kematian tertinggi pada kanker kulit. Kanker ini cepat menyebar ke kelenjar getah bening regional atau terbawa aliran limfe sehingga bermetastase jauh ke tempat lainnya. Awalnya berasal dari pembentukan pigmen (melanosit) pada epidermis kulit dan seperlimanya berasal dari tahi lalat (naevus pigmentosus) yang berubah menjadi ganas. Bisa ditemukan pda anak-anak sampai orang tua. Penyebabnya bisa genetik, lingkunagn yang bersifat mutagen atau kumulasi sinar ultra violet. Tanda spesifik pada melanoma malignum adalah bentuk tumor yang tidak simetris, batas tidak teratur, dalam satu lesi warnanya bermacam-macam, diameter tumor lebih besar dari 6 mm dan lesi dapat diperhatikan sendiri oleh penderitanya.

Sebagian keganasan kanker kulit terjadi akibat kerusakan epidermis jangka panjang dengan berbagai macam penyebab, seperti paparan sinar ultra violet matahari, pembentukan sikatrik yang luas, radang kulit kronis dan kontak dengan zat-zat toksik. Kanker kulit ini memperlihatkan gejala awal sebagai berikut:

1. Pertumbuhan lesi yang lebih cepat pada suatu saat dibanding dengan pertumbuhan    sebelumnya.

2. Terjadi perubahan warna dengan berbagai macam variasi.

3. Permukaan lesi berubah, seperti menjadi kasar, mencekung atau berkeropeng.

4. Mudah berdarah.

5. Rasa gatal dan nyeri yang mengganggu.

6. Timbul luka pada permukaan lesi.

Penyebab Kanker Kulit:

Belum diketahui secara pasti penyebab kanker kulit, tetapi terdapat beberapa faktor resiko yang berkaitan dengan penyebab kanker kulit :

1. Sinar Ultra Violet (UV) dari matahari diperkirakan sebagai faktor utama yang dapat meningkatkan terjadinya kanker kulit. Spektrum dari radiasi UV pada permukaan bumi terdiri dari 90 – 99% UVA (320 – 400 nm) dan 1 – 10% UVB (290 – 320 nm). Kanker kulit sering terdapat pada seseorang yang banyak terkena sinar matahari seperti : petani, pelaut dan orang yang banyak bekerja di luar ruangan.
Demikian artikel tentang Pandangan Medis tentang Kangker Kulit, baca artikel yang lain seperti Cara Mencerahkan Kulit Wajah Kusam. Semoga bermanfaat...

0 komentar Blogger 0 Facebook

 
Muslimah Cantik © 2015. All Rights Reserved. WRITTEN BY MUSLIMAH_CANTIKS. Powered by Blogger
Top