Kebersihan adalah aspek penting pertama dalam perawatan softlens yang tepat. Lakukan rutinitas kebersihan yang baik untuk penanganan lensa kontak Anda. Selalu cuci tangan anda secara menyeluruh dengan sabun lembut, bilas dengan hati-hati dan kering sebelum menyentuh lensa kontak anda. Jangan gunakan kosmetik berminyak, sabun yang mengandung krim dingin, lotion atau krim sebelum memegang softlens anda. Cara terbaik adalah untuk memasukkan lensa Anda sebelum memakai make-up Tutup mata anda bila menggunakan hairspray atau aerosol lainnya. Mencari nasihat profesional tentang memakai softlens selama kegiatan olahraga. Selalu ikuti petunjuk di leaflet dan saran yang diberikan kepada Anda oleh praktisi Eye Care untuk penanganan yang benar, pemasangan, pelepasan, pembersihan, desinfeksi, menyimpan dan penggunaan softlens Anda.

Baca juga: Cara mencerahkan Kulit wajah kusam

Softlens saat ini menjadi trend di Indonesia dan dunia, karena memang softlens lebih praktis saat digunakan. Para pemakai softlens beralih dari kacamata konvensional ke softlens dengan beragam alasan, baik untuk tujuan alat bantu penglihatan atau hanya untuk style semata. Tetapi yang harus anda perhatikan saat menggunakan softlens adalah teknik pemakaian, teknik pelepasan, dan perawatannya. Perhatikan juga kondisi dari softlens itu sendiri, pastikan softlens teredam di dalam cairan khusus softlens dalam tempatnya. Selanjutnya yaitu bersihkan softlens dengan cara menggosok kedua bagian atau sisi softlens tersebut menggunakan cairan pembersih khusus softlens. Lakukan dengan hati-hati agar softlens tidak rusak atau koyak.


Perhatikan kondisi softlens anda, apakah masih dalam keadaan bagus atau tidak. Caranya yaitu dengan mengamati apakah ada bagian yang robek atau ada kotoran yang menempel. Selain kebersihan softlens, anda juga harus menjaga kebersihan dan juga kelembaban mata anda. Oleh sebab itu, sebaiknya anda tidak menggunakan softlens saat tidur, karena di saat tidur mata akan lebih kering dan softlens menjadi susah untuk dilepaskan. Rajin-rajinlah menggunakan obat tetes mata yang dikhususkan untuk pengguna softlens agar kondisi mata selalu lembab dan tidak iritasi. Untuk lebih jelasnya mari disimak baik-baik Tipsnya dibwah ini:

Cara Memakai dan Perawatan Softlens:

  1. Sebelum memakai softlens, pastikan tangan anda telah terbebas dari kuman dan bakteri dengan cara dicuci menggunakan sabun anti septik.
  2. Pastikan tangan kering saat hendak memegang softlens.
  3. Pastikan kuku dalam keadaan bersih dan usahakan tidak terlalu panjang karena dapat merusak softlens. 
  4. Hindari pemakaian sunblock/body lotion di tangan sebelum menyentuh softlens. 
  5. Pastikan softlens terendam dalam cairan khusus softlens di dalam sotlens box. 
  6. Bersihkan softlens dengan menggosok kedua sisinya dengan cairan pembersih. 
  7. Tarik kelopak mata bagian bawah menggunakan jari tengah, sedangkan softlens berada di jari telunjuk. 
  8. Bola mata melihat ke atas, kemudian tempelkan softlens pada bagian putih mata. 
  9. Kedipkan mata sampai softlens berada di kornea mata. 
  10. Anda juga bisa menempelkan langsung ke kornea mata, hanya saja kornea mata cenderung tidak fokus. 
  11. Jika mata terasa kering saat memakai softlens, gunakan tetes mata/eyedrop khusus bagi pengguna softlens.
  12. Jangan menggunakan tetes mata untuk iritasi.
  13. Hindari mengucek mata saat memakai softlens.
  14. Dianjurkan untuk melepas softlens saat hendak tidur atau mandi.

Baca ini: Cara Menggunakan Masker Buah Dan Sayur

Dengan cara memakai softlens untuk pemula di atas bisa membantu menghilangkan rasa pedih pada mata anda. Mudah bukan tips cara merawat softlens diatas? Jangan malas merawat softlens ya, agar mata senantiasa sehat dan terawat. Terimakasih.

0 komentar Blogger 0 Facebook

 
Muslimah Cantik © 2015. All Rights Reserved. WRITTEN BY MUSLIMAH_CANTIKS. Powered by Blogger
Top