Para Pembaca yang berbahagia, masih suka diantar jemput suami? Entah ke pasar, swalayan, atau tempat kerja? Wow... Bagus sekali kalau iya! Jangan lupa cium tangan suami saat meminta izinnya, biar lebih mesra. Meminta izin setiap kali ke luar rumah mencerminkan seorang istri yang mengerti adab rumah tangga.

Ibnu Muflih al hambali berkata:

“Diharamkan bagi seorang wanita keluar rumah suaminya tanpa seizinnya, kecuali karena darurat atau kewajiban syari’at”. (Adab Syar’iyyah: 3/375)

Sebagaimana juga Menurut Asy Syarbini dalam tafsir terhadap ayat tersebut: Yang dimaksud dari Penulis disini adalah pahala yang diberikan Allah S.W.T kepada kaum lelaki karena menunaikan jihad. Sedangkan pahala yang diberikan Allah S.W.T kepada kaum wanita adalah lantaran mereka memelihara kemaluannya dan mentaati Allah S.W.T serta mentaati suaminya.

Diambil dari Google Gambar
Suami dan istri harus merapat untuk saling bekerjasama, melakukan kewajibannya masing-masing dan memperoleh hak-hak mereka seperti yang sudah dijanjikan dan dijelaskan dalam agama Islam. Baik UU ataupun KHI sudah merumuskan secara jelas tentang tujuan perkawinan yaitu untuk membina keluarga yang bahagia, kekal dan abadi berdasarkan tuntunan syari’at dari Allah SWT. Jika tujuan perkawinan tersebut ingin terwujud, sudah barang tentu tergantung pada kesungguhan dari kedua pihak, baik itu dari suami maupun istri. Oleh karena itu perkawinan tidak hanya dipandang sebagai media untuk merealisasikan syari’at Allah SWT agar mendapatkan kebaikan di dunia dan di akhirat. langsung saja Penulis paparkan 4 Ketaatan Isteri terhadap Suami yang Harus dilakukan:

1. Nabi SAW bersabda: Keridhoan Suami
“Siapa saja isteri yang meninggal dunia, sedangkan suaminya ridho terhadap kepergiannya, maka ia akan masuk Surga.”
(Riwayat Tarmizi)

2. Nabi SAW bersabda: Mantaati perintah Allah SWT
“Apabila seorang isteri telah mendirikan sholat lima waktu dan berpuasa bulan Ramadhan dan memelihara kehormatannya dan mentaati suaminya, maka diucapkan kepadanya: Masuklah Surga dari pintu surga mana saja yang kamu kehendaki.”
(Riwayat Ahmad dan Thabrani)

3. Tidak Suka dengan Keluarga Suami
Terkadang seorang istri menginginkan agar seluruh perhatian dan kasih sayang sang suami hanya tercurah pada dirinya. Tak boleh sedikit pun waktu dan perhatian diberikan kepada selainnya. Termasuk juga kepada orang tua suami. Padahal di satu sisi, suami harus berbakti dan memuliakan orang tuanya, terlebih ibunya.

4. Tidak Keluar Rumah Tanpa Izin Suami
Karena tempat asal wanita itu di rumah. Sebagaimana firman Allah, “Dan tinggal-lah kalian (para wanita) di rumah-rumah kalian.” (QS. Al Ahzab [33]: 33). Ibnu Katsir berkata, “Ayat ini menunjukkan bahwa wanita tidak boleh keluar rumah kecuali ada kebutuhan.” (Tafsir Al Quran Al Adzim 6/408). Dengan demikian, wanita tidak boleh keluar rumah melainkan untuk urusan yang penting atau termasuk kebutuhan seperti memasak dan lain-lain. Jika bukan urusan tersebut, maka seorang istri tidak boleh keluar rumah melainkan dengan izin suaminya.

Demikian penulis paparkan 4 Ketaatan Isteri terhadap Suami yang Harus dilakukan. Semoga dengan paparan diatas Pembaca khususnya Kaum Istri dapat menjalankan apa yang sudah menjadi ketentuan dari Alllah SWT yang Wajib dilaksanakan, dengan itu Penulis berharap Keluarga Pembaca dapat membangaun Keluarga yang Sakiinah Mawahdah Warohmah. Salam Ukhuwah, semoga bermanfaat.

0 komentar Blogger 0 Facebook

 
Muslimah Cantik © 2015. All Rights Reserved. WRITTEN BY MUSLIMAH_CANTIKS. Powered by Blogger
Top