Dalam kesempatan yang berbahagia ini, penulis akan sedikit berbagi  kepada pembaca kenapa dalam Isalam perilaku atau akhlaq yang menjadi bagian terpenting dalam pribadi manusia. Tidak hanya itu, kontek dari judul diatas menjelaskan bahwa menjadi Muslim Muslimah yang sebenarnya bersumber dari Hati. Iya yang pertama adalah hati, dengan hati kita semua dapat menyimpulkan Pribadi yang santun, sikap yang “Lembah Manah” dalam bahasa jawa yang berarti manusia yang ingat akan dari mana manusia itu diciptakan, dari tanah. Dengan manusia yang ingat dari mana manusia diciptakan In syaa Allah sikap takabur, sombong, iri dan dengki jauh dari Hati manusia. 

Kemudian apa yang perlu dilakukan oleh Muslim Muslimah agar terhindar dari sikap tersebut. Penulis disini akan memaparkan beberapa Kreteria Muslim Muslimah yang Harus diketahui oleh seorang muslim muslimah. Sebagaimna yang dicontohkan oleh baginda kita Nabi agung Muhammad SAW. Sebaik biaknya prilaku adalah prilaku yang santun terhadap Orang lain, terutama yang lemah. Langsung saja Penulis paparkan 5 Kreteria yang harus diketahui.

      1. Berdzikir kepada Allah SWT
Maksud dari kata dzikir disini penulis memaknai Jamak, tidak hanya berdzikir ketika ba’da Shalat ataupun mengucapkan lafad Tahlil. “La Illaha Illallah”. Akan tetapi disini lebih meluas lagi, dengan Aktifitas muslim muslimah sehari-hari dapat kita mafhumkan atau memposisikan Berdzikir.  Sebagai contoh aktifitas Bangun tidur kita selalu berdoa, mengingat Nama Allah walaupun itu secara sirri atau dengan nada rendah tidak secara keras. Bilamana itu belum juga bisa setidknya dalam Hati. Seperti yang dijelaskan oleh Sabda Beliau Nabi kita hati adalah Inti utama dari Jasad. 

Ketika hati itu baik maka yang lain juga baik. Kemudian aktifitas lain, seperti Makan, tidur, bepergian dan lain sebagainya. Tetaplah mengingat nama Rab aza wajala. Sebagaimana yang di Sabdakan Nabi kita lagi tetaplah berdzikir walau didalam Qolbun “Hati”. Tidak hanya itu, ternyata hati ada Tiga macam, yang pertama adalah Qolbun “Hati”, yang kedua adalah Sirrun “Hati Nurani” dan Fuaddun “Hati Yang diberikan Hidayah”.

5 Kreteria Muslim Muslimah yang Harus diketahui

2. Bertutur kata yang Sopan
Kenapa penulis disini menyampaikan bahwa bertutur kata diletakan pada yang kedua, karena Lisan adalah sumber dari masalah. Jika muslim muslimah belum bisa meenjaga lisan berati hati juga belum dijaga, tentunya dengan sudah menjaga hati lisan pun akan terjaga. Hal-hal yang bersifat maksiat lisan akan menjauhkan muslim muslimah dari Fitnah, olokan dan sebagainya.

3. Beristighfar selalu kepada Allah SWT
Dengan merasa dekatnya kita akan dosa, akan dekat pula kita minta ampunananNya, menjadi muslim muslimah disini janganlah dijadikan beban, akan tetapi dengan selalu intropeksi diri agar lebih baik. Perasaan yang Tawadhuk dan merunduk dihadapan Allah salah satu Kreteria muslim muslimah.

4. Berprinsip
Prinsip disini penulis maksudkan tidaklah Idealis atau terlalu percaya diri yang berlebihan, akan tetapi dengan sikap yang tegas dan memegang teguh akan Pedoma hidup sebagai muslim muslimah menjadikan pribadi yang kuat, tidak mudah goyah dalam menentukan tujuan dari prinsip tersebut.

5. Berpotensi
Sebagai muslim muslimah tentunya harus tahu apa postensi diri sendiri, jangan ketergantungan orang lain. Dengan mempunyai kemauan yang bulat dan niat yang luhur akan menciptakan Kreteria muslim muslimah yang berpotensi. Selanjutnya intropeksi dulu apa kekurangannya kemudian kita bersyukur apa kelebihannya kemudian rasa syukur akan kelebihan yang berpotensi dari diri muslim muslimah, hal itu menjadi dasar atau pondasi untuk menunjang dan menggali lebih dalam postensi yang ada.

Demikian penulis paparkan 5 Kreteria Muslim Muslimah yang Harus diketahui. Dengan kita memahami dan mencermati dari beberapa Kreteria tersebut menjadikan diri Muslim Muslimah selalu dapat menempatkan diri dalam keadaan yang itu memang harus ditempatkan. Seperti itu Muslim Muslimah akan terlihat Jatidiri muslim muslimah yang sebenarnya. Terimakasih sudah manjadi Pembaca setia Muslim Muslimah, salam Ukhuwah. Semoga bermanfaat.


0 komentar Blogger 0 Facebook

 
Muslimah Cantik © 2015. All Rights Reserved. WRITTEN BY MUSLIMAH_CANTIKS. Powered by Blogger
Top