1.   Panjang angan-angan dan sering menunda-nunda
Alloh Azza wa Jalla memperingatkan dengan ancaman yang keras bagi orang yang sering menunda-nunda dan berangan-angan. Firman-Nya:

ذَرْهُمْ يَأْكُلُوا وَيَتَمَتَّعُوا وَيُلْهِهِمُ الأمَلُ فَسَوْفَ يَعْلَمُونَ

"Biarkanlah mereka (di dunia ini) makan dan bersenang-senang dan dilalaikan oleh angan-angan (kosong), maka kelak mereka akan mengetahui (akibat perbuatan mereka). (QS. al-Hijr [15]: 3)
Imam al-Qurthubi rahimahullah mengatakan: "Firman-Nya:   "...Dan  dilalaikan  oleh  angan-angan  kosong, yaitu yang menyibukkan mereka dari ketaatan".
Angan-angan kosong akan membawa rasa malas beramal, terbuai dalam lamunan, hingga akhirnya waktunya banyak terbuang. Karena sering berangan-angan kosong akhirnya dia akan sering menunda-nunda pekerjaan yang ingin ia kerjakan. Jadilah umur dan waktunya habis tanpa meraih tujuan yang ia cita-citakan."

Hambatan menjadi Muslim Muslimah yang Harus dihilangkan...!

2. Sibuk dengan urusan tak berguna bahkan haram
Sebagian kaum wanita menyibukkan dirinya dengan perkara yang tidak berguna dan sia-sia. Sebagai contoh kecil, ada sebagian wanita yang menghabiskan waktunya dengan banyak berbelanja dan selalu keliling toko fashion. Perbuatan semacam ini bukan tindakan terpuji karena akan melalaikan waktu, menehamburkan harta dan lain-lain. Cukuplah perhiasan dan baju sesuai kebutuhan.
Contoh yang lain adalah kesibukan sebagian wanita yang sering ngrumpi, ngobrol tanpa arah yang jelas. Bahkan terkadang lebih sering berkumpul dengan temannya untuk ngobrol daripada mengurusi rumah tangga.

3. Lemah dan mengikuti hawa nafsu
Ada sebagian wanita yang menyadari arti pentingnya waktu. Akan tetapi kesadaran ini belum membawa perubahan pada pola hidupnya. Sebabnya karena lemah iman dan lebih menuruti keinginan jiwa dalam hal yang mengasyikkan dan kelezatan. Acapkali terlintas dalam benaknya untuk mengerjakan perbuatan baik dan bermanfaat namun jiwa dan keinginannya lemah sehingga setan akan menggambarkan bahwa perbuatan itu berat dan sulit hingga dia benar-benar meninggalkan amalan tersebut. Allohul-Musta'an.

4. Pengaruh teman
Teman mempunyai pengaruh yang sangat kuat terhadap pribadi seseorang. Teman yang baik adalah teman yang bisa mengajak kepada kebaikan dan mendorong dalam ketaatan. Rosululloh shallallahu ‘alaihi wa sallam mengatakan:

مَثَلُ الْجَلِيسِ الصَّالِحِ وَالسَّوْءِ كَحَامِلِ الْمِسْكِ وَنَافِخِ الْكِيرِ، فَحَامِلُ الْمِسْكِ إِمَّا أَنْ يُحْذِيَكَ، وَإِمَّا أَنْ تَبْتَاعَ مِنْهُ، وَإِمَّا أَنْ تَجِدَ مِنْهُ رِيحًا طَيِّبَةً، وَنَافِخُ الْكِيرِ إِمَّا أَنْ يُحْرِقَ ثِيَابَكَ، وَإِمَّا أَنْ تَجِدَ رِيحًا خَبِيثَة.

"Permisalan teman duduk yang baik dan teman yang jelek bagaikan penjual minyak wangi dan tukang pandai besi. Penjual minyak wangi, engkau akan membelinya atau engkau mendapat bau wanginya. Adapun tukang pandai besi, dapat membakar rumahmu, bajumu atau engkau mendapat baunya yang tidak enak. (HR. Bukhori: 2101, Muslim: 2628)
Tidak kita pungkiri bahwa wanita banyak yang terpengaruh dengan temannya dalam melalaikan waktu. Berawal ikut-ikutan hingga jadilah dia merasa berat dan tidak enak untuk meninggalkan kegiatan tidak bermanfaat bersama temannya. Maka jauhilah teman-teman yang jelek sejak sekarang juga!

5.  Banyak tidur
Banyak tidur membuat hati menjadi kotor, jiwa menjadi malas. Waktunya habis di atas tempat tidur sehingga ia luput dari kebaikan yang banyak. Tidak mustahil perkara yang Alloh Azza wa Jalla wajibkan seperti sholat jadi terlalaikan, bahkan terkadang juga menjadi sebab percekcokan dalam rumah tangga. Renungkanlah hal ini wahai saudariku para wanita muslimah.

Baca juga: Cara Muslimah membagi Waktu

0 komentar Blogger 0 Facebook

 
Muslimah Cantik © 2015. All Rights Reserved. WRITTEN BY MUSLIMAH_CANTIKS. Powered by Blogger
Top