10 kriteria Muslimah - Al-Qur'an dan Hadits adalah 2 pusaka Rasulullah SAW yang harus selalu dirujuk setiap muslimah dalam segala aspek kehidupan. Satu dari sekian aspek kehidupan yang sangat penting adalah pembentukan dan pengembangan pribadi muslimah.

"Pribadi muslimah yang dikehendaki Al-Qur’an dan sunnah adalah pribadi yang salehah. Pribadi yang sikap, ucapan dan tindakannya terwarnai oleh nilai-nilai yang datang dari ALLAH SWT".

10 kriteria Muslimah
Taken from Google Image
Persepsi atau gambaran masyarakat tentang pribadi muslimah memang berbeda-beda. Bahkan banyak yang pemahamannya sempit sehingga seolah-olah pribadi muslimah itu tercermin pada orang yang hanya rajin menjalankan Islam dari aspek ubudiyah-nya saja. Padahal, itu hanyalah salah satu aspek saja dan masih banyak aspek lain yang harus melekat pada pribadi seorang muslimah. Bila disederhanakan, setidaknya ada 10 kriteria Muslimah atau ciri khas yang mesti melekat pada pribadi muslimah.

1. Salimul Aqidah (Aqidah yang bersih)

Salimul aqidah merupakan sesuatu yang harus ada pada setiap muslimah. Dengan aqidah yang bersih, seorang muslimah akan memiliki ikatan yang kuat kepada ALLAH SWT.

2. Shahihul Ibadah (ibadah yang benar)

Shahihul ibadah merupakan salah satu perintah Rasulullah SAW yang penting. Dalam satu haditsnya, beliau bersabda:
“Shalatlah kamu sebagaimana melihat aku shalat”.

3. Matinul Khuluq (akhlak yang kokoh)

Matinul khuluq merupakan sikap dan perilaku yang harus dimiliki oleh setiap muslimah, baik dalam hubungannya kepada ALLAH SWT maupun dengan makhluk-makhlukNya.

4. Qowiyyul Jismi (kekuatan jasmani)

Qowiyyul jismi merupakan salah satu dari 10 kriteria Muslimah yang harus ada. Kekuatan jasmani berarti seorang muslimah memiliki daya tahan tubuh sehingga dapat melaksanakan ajaran Islam secara optimal dengan fisiknya yang kuat. Shalat, puasa, zakat dan haji.

5. Mutsaqqoful Fikri (intelek dalam berfikir) 

Mutsaqqoful fikri merupakan salah satu sisi pribadi muslimah yang juga penting. Karena itu salah satu sifat Rasul adalah fatonah (cerdas).

6. Mujahadatul Linafsihi (berjuang melawan hawa nafsu)

Mujahadatul linafsihi merupakan salah satu kepribadian yang harus ada pada diri seorang muslimah karena setiap manusia memiliki kecenderungan pada yang baik dan yang buruk.

7. Harishun Ala Waqtihi (pandai menjaga waktu)

Harishun ala waqtihi merupakan faktor penting bagi manusia. Hal ini karena waktu mendapat perhatian yang begitu besar dari ALLAH dan Rasul-Nya. ALLAH SWT banyak bersumpah di dalam Al Qur’an dengan menyebut nama waktu seperti wal fajri, wad dhuha, wal asri, wallaili dan seterusnya.

8. Munazhzhamun fi Syuunihi (teratur dalam suatu urusan)

Munazhzhaman fi syuunihi termasuk kepribadian seorang muslimah yang ditekankan oleh Al Qur’an maupun sunnah. Oleh karena itu dalam hukum Islam, baik yang terkait dengan masalah ubudiyah maupun muamalah harus diselesaikan dan dilaksanakan dengan baik.

9. Qodirun Alal Kasbi (memiliki kemampuan usaha sendiri/mandiri) 

Qodirun alal kasbi merupakan ciri lain yang harus ada pada diri seorang muslimah. Walau Anda seoarang wanita Anda harus mampu mandiri. Ini merupakan sesuatu yang amat diperlukan. Mempertahankan kebenaran dan berjuang menegakkannya baru bisa dilaksanakan manakala seseorang memiliki kemandirian terutama dari segi ekonomi.

10. Nafi’un Lighoirihi (bermanfaat bagi orang lain / Be useful for Everyone)

Nafi’un lighoirihi merupakan sebuah tuntutan kepada setiap muslimah. Manfaat yang dimaksud tentu saja manfaat yang baik sehingga dimanapun dia berada, orang disekitarnya merasakan kemanfaatan dari orang tersebut.

Sepertinya sudah cukup kriteria yang harus MuslimahCantiks terapkan pada diri Anda masing-masing, semua yang Anda lakukan tentunya ingin mendapatkan RidhoNya. Semoga bermanfaat. Baca juga Cara memilih Hijab yang Syar'i.

0 komentar Blogger 0 Facebook

 
Muslimah Cantik © 2015. All Rights Reserved. WRITTEN BY MUSLIMAH_CANTIKS. Powered by Blogger
Top